Kamis, 01 Maret 2012

Tahukah kamu, bagaimana asal mula angka?

Postingan ini merupakan memori saya pada saat mengikuti kuliah umum statistika di Aula Pascasarjana Universitas Sriwijaya Pelembang sekitar satu tahun lalu. Dalam kuliah umum ini, Dosen tamu merupakan seorang dosen statistik senior dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan merupakan orang statistik nomor empat dunia (Wah, orang Indonesia lho..). Disela-sela break, beliau menyajikan tampilan slide yang menambah wawasan pengetahuan bagi kami, yaitu tentang asal mula angka. Ternyata, angka 0,1,2,3,...9 yang selama ini dipakai berasal dari arab. Dan hebatnya, penulisan angka ini diurutkan berdasarkan jumlah sudut (Angle). Penasaran?? cekidot!!
Bisa kita lihat bahwa angka satu terbentuk dari dua garis yang membentuk satu sudut. Angka dua memiliki dua sudut, kemudian tiga sudut, empat sudut, dan begitu seterusnya.

Menarik bukan? Lalu bagaimana dengan angka 0?? Berapakah jumlah sudutnya?
Yapz, angka 0 berbentuk lingkaran tanpa titik pusat sehingga bentuk tersebut tidak memiliki sudut sama sekali. Kemudian seiring berjalannya waktu, beberapa bentuk tulisan ini mengalami sedikit perubahan dan modifikasi misalnya angka 7 yang sekarang hanya tinggal memiliki satu sudut saja.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...