Sabtu, 08 Oktober 2011

Siswa Tidak Paham Konsep?? Pakai CTL!

Seperti telah diuraikan pada postingan sebelumnya, bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) ada tujuh prinsip yang harus dilakukan yaitu konstruktivisme (constuctivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian yang sebenarnya (authentic assessment).
Setiap mata pelajaran disekolah tentunya mengandung muatan konsep-konsep yang harus dipahami siswa. Pada prinsip konstruktivisme (constuctivism), pendekatan kontekstual menghendaki konsep-konsep tersebut dikonstruk dan ditemukan sendiri oleh siswa melaui keterkaitannya dengan realita kehidupan dan pengalaman siswa. Karena pengetahuan dan pemahaman konsep dibangun sedikit demi sedikit melalui konteks kehidupan nyata maka konsep akan mudah dipamahi dan bertahan lama dalam struktur kognitif siswa. Menurut Vygotsky (dalam Komalasari, 2010: 22) melalui teori belajarnya yang dikenal Genetic Law of Develovment (Hukum genetik tentang perkembangan) yang memiliki pandangan teori bahwa intermental atau lingkungan sosial sebagai faktor primer dan konstitutif terhadap pembentukan pengetahuan serta perkembangan kognitif seseorang.
Menemukan (inquiry) merupakan kegiatan inti dari CTL. Dalam pembelajaran kontekstual, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta seperti pembelajaran pada umumnya, melainkan hasil dari menemukan sendiri. Dengan demikian, siswa akan lebih memahami konsep lebih baik dari biasanya yang hanya menerima dari guru saja lalu menghafalkannya. Hal ini sesuai dengan teori Free discovery Learning dari Bruner yang menyatakan bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan, atau pemahaman melalui contoh-contoh yang ia jumpai dalam kehidupannya.
  Unsur lain yang menjadi karakteristik utama dalam pendekatan ContextualTeaching and Learning (CTL) adalah bertanya (questioning). Bertanya merupakan awal mula dari pengetahuan dan pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Bertanya dipandang sebagai kegiatan guru untuk mendorong, membimbing dan menilai kemampuan berpikir siswa. Selanjutnya dalam kegiatan pembelajaran kontekstual, siswa dibiasakan untuk melakukan kerja sama dan memanfaatkan sumber balajar dari teman-temannya. Dengan adanya kelompok belajar (learning community) dalam kegiatan pembelajaran maka hasil pembelajaran akan diperoleh dari kerja sama dengan orang lain melalui berbagai pengalaman (sharing). Melalui Sharing ini, diharapkan kemampuan pemahaman konsep siswa akan lebih berkembang dan matang.
Prinsip yang kelima dalam pembelajaran kontekstual adalah pemodelan (modelling). Banyak hal bisa dijadikan model dalam kegiatan pembelajaran. Banyaknya ragam kehidupan yang bisa dijadikan model pembelajaran dapat digunakan untuk mengembangkan pembelajaran. Kemudian prinsip refleksi (reflection). Sebagaimana telah dijelaskan pada postingan Contextual Teaching and Learning (CTL), proses refleksi membuat siswa mengendapkan apa yang baru dipelajarinya sebagai struktur pengetahuan. Dengan adanya pemaknaan dalam kegiatan refleksi, maka pemahaman yang telah didapat siswa akan lebih lekat dalam struktur pengetahuan siswa. Tahap terakhir dari pembelajaran kontekstual  adalah penilaian yang sebenarnya (authentic assessment). Penilaian sebagai bagian integral dari pembelajaran memiliki fungsi yang sangat menentukan untuk mendapatkan informasi kualitas proses dan hasil pembelajaran melalui pembelajaran kontekstual atau ContextualTeaching and Learning (CTL).
Dari kajian teoritis (yang kurang matang ini) tentang pembelajaran kontekstual atau ContextualTeaching and Learning (CTL) maka pembelajaran ini bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran disekolah.          
 Percaya atau tidak, Anda bisa buktikan sendiri..!!! 

Buat yang mau BSE CTL Matematika SMP, silahkan sedot di bawah ini:
CTL Matematika SMP Kelas VII         [Download]
CTL Matematika SMP Kelas VIII        [Download]
CTL Matematika SMP Kelas IX          [Download]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...