Seperti
telah diuraikan pada postingan sebelumnya, bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran
dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
ada tujuh prinsip yang harus dilakukan yaitu konstruktivisme (constuctivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling),
refleksi (reflection), dan penilaian
yang sebenarnya (authentic assessment).
Setiap mata pelajaran disekolah tentunya
mengandung muatan konsep-konsep yang harus dipahami siswa. Pada prinsip konstruktivisme
(constuctivism), pendekatan
kontekstual menghendaki konsep-konsep tersebut dikonstruk dan ditemukan sendiri
oleh siswa melaui keterkaitannya dengan realita kehidupan dan pengalaman siswa.
Karena pengetahuan dan pemahaman konsep dibangun sedikit demi sedikit melalui
konteks kehidupan nyata maka konsep akan mudah dipamahi dan bertahan lama dalam
struktur kognitif siswa. Menurut Vygotsky (dalam Komalasari, 2010: 22) melalui
teori belajarnya yang dikenal Genetic Law
of Develovment (Hukum genetik tentang perkembangan) yang memiliki pandangan
teori bahwa intermental atau lingkungan sosial sebagai faktor primer dan
konstitutif terhadap pembentukan pengetahuan serta perkembangan kognitif
seseorang.
Menemukan (inquiry) merupakan kegiatan inti dari CTL. Dalam pembelajaran
kontekstual, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan
hasil mengingat seperangkat fakta-fakta seperti pembelajaran pada umumnya,
melainkan hasil dari menemukan sendiri. Dengan demikian, siswa akan lebih
memahami konsep lebih baik dari biasanya yang hanya menerima dari guru saja
lalu menghafalkannya. Hal ini sesuai dengan teori Free discovery Learning dari Bruner yang menyatakan bahwa proses belajar
akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan, atau pemahaman melalui
contoh-contoh yang ia jumpai dalam kehidupannya.
Unsur lain yang menjadi karakteristik utama
dalam pendekatan
ContextualTeaching and Learning (CTL) adalah bertanya (questioning). Bertanya merupakan awal
mula dari pengetahuan dan pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Bertanya
dipandang sebagai kegiatan guru untuk mendorong, membimbing dan menilai kemampuan
berpikir siswa. Selanjutnya dalam kegiatan pembelajaran kontekstual, siswa
dibiasakan untuk melakukan kerja sama dan memanfaatkan sumber balajar dari
teman-temannya. Dengan adanya kelompok belajar (learning community) dalam kegiatan pembelajaran maka hasil
pembelajaran akan diperoleh dari kerja sama dengan orang lain melalui berbagai
pengalaman (sharing). Melalui Sharing ini, diharapkan kemampuan
pemahaman konsep siswa akan lebih berkembang dan matang.
Prinsip yang kelima dalam pembelajaran
kontekstual adalah pemodelan (modelling).
Banyak hal bisa dijadikan model dalam kegiatan pembelajaran. Banyaknya ragam
kehidupan yang bisa dijadikan model pembelajaran dapat digunakan untuk
mengembangkan pembelajaran. Kemudian prinsip refleksi (reflection). Sebagaimana telah dijelaskan pada postingan Contextual Teaching and Learning (CTL), proses refleksi
membuat siswa mengendapkan apa yang baru dipelajarinya sebagai struktur
pengetahuan. Dengan adanya pemaknaan dalam kegiatan refleksi, maka pemahaman
yang telah didapat siswa akan lebih lekat dalam struktur pengetahuan siswa. Tahap
terakhir dari pembelajaran kontekstual adalah penilaian yang sebenarnya (authentic assessment). Penilaian sebagai
bagian integral dari pembelajaran memiliki fungsi yang sangat menentukan untuk
mendapatkan informasi kualitas proses dan hasil pembelajaran melalui
pembelajaran kontekstual atau ContextualTeaching and Learning (CTL).
Dari kajian teoritis (yang kurang matang ini) tentang
pembelajaran kontekstual atau ContextualTeaching and Learning (CTL) maka pembelajaran ini bisa dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran disekolah.
Percaya
atau tidak, Anda bisa buktikan sendiri..!!!
Buat yang mau BSE CTL Matematika SMP, silahkan sedot di bawah ini:
CTL Matematika SMP Kelas VII [Download]
CTL Matematika SMP Kelas VIII [Download]
CTL Matematika SMP Kelas IX [Download]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar