Sebagaimana diketahui bahwa tujuan
pertama
mata pelajaran matematika di
sekolah sesuai dengan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar
Isi Mata Pelajaran Matematika untuk semua jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah agar
siswa mampu memahami
konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan
konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan
masalah.
Dalam pelaksanaannya disekolah, tujuan ini dapat dicapai melalui soal-soal yang mengacu pada indikator pemahaman konsep. Pada setiap indikator terdapat deskriptor yang lebih spesifik untuk mencapai kemampuan pemahaman konsep. Manurut petunjuk teknis peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas No 506/C/PP/2004 tanggal 11 November 2004 tentang penilaian perkembangan anak didik SMP dicantumkan indikator dari kemampuan pemahaman konsep sebagai hasil belajar matematika. indikator tersebut adalah :
Dalam pelaksanaannya disekolah, tujuan ini dapat dicapai melalui soal-soal yang mengacu pada indikator pemahaman konsep. Pada setiap indikator terdapat deskriptor yang lebih spesifik untuk mencapai kemampuan pemahaman konsep. Manurut petunjuk teknis peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas No 506/C/PP/2004 tanggal 11 November 2004 tentang penilaian perkembangan anak didik SMP dicantumkan indikator dari kemampuan pemahaman konsep sebagai hasil belajar matematika. indikator tersebut adalah :
1) Kemampuan
menyatakan ulang sebuah konsep
Deskriptor:
a) Menyatakan
ulang maksud dari suatu konsep.
b) Membuat
definisi konsep dalam bentuk lain/ kalimat sendiri.
2)
Kemampuan memberi contoh dan bukan contoh.
Deskriptor:
a) Menuliskan
contoh lain baik secara tertulis maupun secara lisan.
b) Menyebutkan
contoh yang benar dan contoh yang salah.
3) Kemampuan
mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep.
Deskriptor:
a) Mengelompokkan
objek sesuai dengan sifat-sifat yang dipelajari.
b) Menentukan
suatu konsep berdasarkan sifat-sifat tertentu.
4) Kemampuan
menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika.
Deskriptor:
a) Memaparkan
suatu objek dalam bentuk gambar, grafik, atau tabel.
b) Menuliskan
kalimat matematika dari suatu konsep.
5) Kemampuan
mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep.
Deskriptor:
a) Menuliskan
syarat perlu dari suatu konsep.
b) Menuliskan
syatar cukup dari suatu konsep.
6)
Kemampuan menggunakan, menanfaatkan, dan
memilih prosedur tertentu.
Deskriptor:
a) Memilih
prosedur yang tepat dalam dalam menemukan konsep
b) Menyelesaikan
soal dengan langkah-langkah yang tepat
7)
Kemampuan mengklasifikasi konsep/algoritma ke
pemecahan masalah
Deskriptor:
a) Menggunakan
suatu konsep untuk memecahkan masalah
b) Mengerjakan
soaal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar